Tuesday, 19 June 2018 04:03

Memilih dan Mengatur Peralatan Dapur Restoran

Written by Ruang Dapur Restoran
Rate this item
(0 votes)

Memilih dan Menata Ruang Dapur Restoran

Peralatan memasak dapur restoran dan peralatan pendukung lainnya menjadi hal sangat penting bagi sebuah restoran, hotel, rumah makan, rumah sakit, usaha catering dll. Pada umumnya usaha makanan atau restoran buka dan beroperasi setiap hari in, hal menjadikan waktu untuk perawatan peralatan dapur menjadi sangat terbatas, oleh karena itu di perlukan peralatan yang mudah dalam pemakaian dan perawatan, aman di gunakan dan tahan lama agar operasional restoran tidak terganggu, menggunakan peralatan restoran berbahan staainless steel adalah solusi yang tepat untuk keperluan alat-alat dapur restoran. Penempatan dan tata letak peralatan dapur restoran juga harus di atur sedemikian rupa agar ruangan yang tersedia dapat di manfaatkan secara maksimal dan para karyawan atau kru restoran dapat menggunakan peralatan dapur dengan mudah, cepat, efektif dan efisien.

Kami menyediakan berbagai macam peralatan untuk restoran atau industri makanan lainnya yang dapat di sesuaikan dengan ukuran dan bentuk ruangan yang tersedia. Hubungi kami di 0813 1769 8478, 0877 0198 9383 (Sarwan)

 

Preparation Area Dapur Restoran

Preparation area dapur restoran pada umumnya terdapat work table atau meja kerja atau meja stainless yang di tempatkan di tengah area dapur yang disusun dan diatur sedemikian rupa untuk mempermudah proses persiapan bahan yang akan di masak, ukuran di sesuaikan dengan luas ruangan menggunakan bahan stainless steel dengan ketebalan 1.2 mm untuk meja stainless dan 0.8 mm untuk rak.

Selain itu itu juga terdapat Cabinet table atau meja stainless berbentuk lemari stainless atau meja tertutup, menggunakan pintu sliding atau swing, bagian bawah bisa menggunakan under counter chiller/pendingin berbentuk meja dengan harga tergantung merek dan ukuran yang di pilih. 

 

Cooking Area Kitchen Restaurant

Cooking area dapur restoran adalah salah satu tempat yang membutuhkan perhatian khusus dalam menempatakan atau menata setiap peralatan memasak didalamnya, dengan begitu proses pengolahan makanan bisa menjadi mudah, efektif dan efisien serta mudah dibersihkan sehingga proses penyajian makanan kepad pelanggan bisa menjadi cepat dan tetap mempertahankan kebersihan atau higienitas masakan.

Peralatan dapur yang ditempatkan diarea ini adalah peralatan dapur atau alat-alat masak untuk memasak yang disesuaikan dengan kebutuhan rumah makan atau restoran anda. Peralatan masak dapur restoran didesain dan ditempatkan sedemikian rupa agar memudahkan proses pengolahan masakan dan penyajian. Pada umumnya terdiri dari kompor stainless, gas stove stock pot, kompor gas stainless 1 tungku atau gas stove 1 bunrer, kompor gas stainless 2 tungku atau gas stove 2 burner, kompor gas stainless 4 tungku atau gas stove 4 burner, kompor gas stainless 6 tungku, kompor gas stainless wok range 1 tungku atau gas kwali range 1 burner, kompor gas stainless wok range 2 tungku atau gas kwali range 2 burner, terdapat juga kompor gas stainless wok range 2 tungku atau gas kwali range 2 burner yang model slim, kompor gas stainless wok range 3 tungku atau gas kwali range 3 burner, gas grill atau pemanggang ikan dan daging, deep fryer atau penggoreng ayam dan kentang, gas noodle bolier atau kompor gas pemasak mie, kompor gas tempanyaki, kompor gas pemasak nasi atau rice steamer, gas soup ring.

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan di area cooking restoran ini adalah desain dan penempatan exhaust hood atau cooker hood. Apabila salah dalam desain atau salah dalam penempatan exhaust hood atau cooker hood ini makan ruangan dapur anda bisa menjadi penuh dengan asap kompor dan asap makanan, tentu hal tersebut sangat menganggu kegiatan pengolahan makanan di bisnis kuliner anda. Exhaust hood atau cooker hood harus ditempatkan diatas semua kompor gas restoran untuk memaksimalkan isapan asap dan asap masakan, pemilihan motor fan exhaust juga harus tepat sehingga isapan asap dapur bisa maksimal namun juga tidak terlalu besar untuk menghindari tertariknya peralatan dapur lain yang berada dibawahnya. Jalur pembuangan asap atau ducting juga harus didesain dan dibuat sedemikian rupa agar sirkulasi keluaran asap bisa lancar. Selain exhaust hood atau cooker hood, di cooking area dapur restoran juga perlu dipasang fresh air untuk mensuplai udara segar kedalam dapur untuk menjaga sirkulasi udara didalam dapur sehingga para kru masak atau chef merasa nyaman dan terjaga kesehatannya.

Selain itu kami juga berpengalaman mengerjakan instalasi gas atau sentralisasi gas LPG untuk kebutuhan memasak pada restoran, cafe, hotel, rumah makan, rumah sakit, rumah tangga dan industri pengolah makanan lainnya. Kami dapat menjamin instalasi gas anda dengan aman, bisa dengan manual system atau dipasang fire alarm dan fire fighting system sehingga keamanan dapur anda menjadi terjamin.

Washing Area Kitchen Restaurant

Kitchen Sink / Meja cuci sebagai sarana pencuci piring, gelas, bahan makanan dan lain lain, dengan ukuran panjang dan ukuran lubang yang dapat di sesuaikan dengan kebutuhan sehingga mempermudah anda merancang desain serta menempatkan sink sesuai keinginan anda. Pada washing area ini bisa juga disediakan diswasher machine atau mesin pencuci piring jika skala industrinya lebih besar dan menjamin kebersihan piring dan peralatan dapur lainnya disamping bisa mencuci dengan kitchen sink atau meja cuci piring dari bahan stainless steel.

 

Berbagai macam model dan ukuran kitchen sink atau bowl sink stainless atau pencuci piring stainless yang kami jual antara lain :

    1. Harga Single Pot Sink
    2. Harga Single Sink with Side Table
    3. Harga Single Sink with Trash Hole
    4. Harga Single Sink with Under Shelf
    5. Harga Single Sink with Grid Shelf
    6. Harga Double Sink
    7. Harga Double Sink with Side Table
    8. Harga Double Sink with Trash Hole
    9. Harga Double Sink with Under Shelf
    10. Harga Triple Sink
    11. Harga Cabinet Sink

 

Dibagian bawah kitchen sink atau bowl sink stainless juga menjadi keharusan untuk dipasang grease trap atau greasetrap atau perangkap lemak dari bahan stainless steel yang berfungsi menyaring lemak dan minyak dari masakan sehingga terhindar dari penyumbatan pipa air kotor yang menuju jalur buang. Ukuran Grease trap atau greasetrap bisa disesuaikan dengan kebutuhan tergantung dari volume masakan dalam bisnis makanan anda. Jika volume cucian dan kandungan lemak tidak terlalu banyak bisa menggunakan grease trap ukuran standar 40x30x25cm, dan apabila volume masakan dan cucian lebih banyak bisa menggunakan ukuran yang lebih besar 60x40x30cm atau bisa juga dengan ukuran custom sesuai dengan kebutuhan.

Kami berpengalaman mengerjakan instalasi air dan plumbing system untuk kebutuhan dapur restoran dan rumah sakit, sehingga peralatan kitchen sink dan peralatan dapur lainnya yang memerlukan titik air bersih dan air kotor lainnya dapat terintegrasi dengan baik untuk menghindari mis-koordinasi, pemasangan ulang, pembobokan ulang dan kesalahan instalasi atau pemasangan lainnya, sehingga pemilik restoran dapat dengan tenang dan puas dalam pekerjaan instalasi dapur untuk usaha dibidang makan atau usaha kuliner nya. 

Work Table Area atau Area Meja Kerja Stainless

Di Tempatkan menempel dengan dinding berfungsi untuk meletakan peralatan memasak seperti pemotong daging, pemotong sayur, microwave dll, dapat juga di gunakan sebagai tempat menyiapkan makanan sebelum di sajikan.

- Untuk under shelf atau over shelf atau ambalan meja bisa di sesuaikan dengan keinginan anda. Meja stainless dapat dikombinasikan dengan 1 under shelf atau rak bawah, 2 under shelf atau rak bawah dan rak tengah, 1 over shelf atau rak atas, 2 over shelf atau 2 rak atas atau sesuai dengan desain yang anda inginkan

- Dapat juga Menggunakan back splash untuk kebersihan dan menghindari barang terjatuh ke bagian  belakang meja.

 

Food Display Area 

Menggunakan bainmarie atau bain marie atau showcase atau biasa disebut food display stainless bertingkat untuk menambah daya tarik dan menambah jumlah jenis makanan yang akan di tampilkan. Sehingga makanan yang di saji tetap bisa hangat dan dijaga higenis dan terjamin mutu makanannya.

 

Berbagai macam jenis dan model bainmarie atau food display yang kami jual antara lain :

  1. Harga Lemari Display Makanan / Bainmarie Counter
  2. Harga Lemari Display Makanan / Food Display
  3. Harga Meja Prasmanan Makanan / Food Table Bainmarie
  4. Harga Portable Bainmarie
  5. Harga Mangkok Dispaly Makanan / Food Pan Stainless Steel
  6. Harga Sneeze Guard

 

Untuk jumlah dan ukuran food pan atau baki saji didalam bain marie bisa disesuaikan. Biasa digunakan food pan stainless ukuran 1/1, 1/2, 1/3, 1/4, 1/6, 1/9 atau bisa juga dengan food pan yang model perforated (bolong-bolong).

Kami juga membuat dan menjual food display atau lemari pajang makanan untuk restoran padang dengan model dan ukuran yang dapat disesuaikan, sehingga tampilan rumah makan anda menjadi lebih bersih dan desain yang modern. 

 

Bar Area

Bar Area pada suatu restoran termasuk area yang cukup sibuk selain area kitchen lainnya, karena dari sini juga dimulai service atau pelayanan tamu cafe atau restoran utamanya untuk penjualan minuman dan makanan lainnya.Peralatan kitchen stainless yang ditempatkan diarea ini bisa terdiri dari cabinet table stainless atau meja stainless yang bentuknya tertutup selain untuk menyimpan peralatan makan dan minum juga berfungsi untuk menyimpan bahan makanan dan minuman disuatu restoran atau cafe. Ice Bin Stainless atau box es stainless untuk minuman juga sangat penting untuk ditempatkan diarea bar ini, cocktail bin stainless biasanya juga ditempatkan diarea ini. Dibagian belakang dan di dinding bar area bisa dipasang rak-rak stainless atau wall shelf dan over shelf untuk menaruh peralatan dapur di area bar. Secara keseluruhan meja bar akan tampil lebih indah dan modern jika terbuat dari bahan full stainless, disamping memiliki keuntungan struktur bodi meja bar yang kuat, meja bar stainless steel juga tahan korosi dan tampilan nya lebih stylish.

 

Lemari kaca gantung dengan rangka stainless bisa dikombinasikan untuk ditempatkan dibagian atas meja bar, bisa ditambah dengan rak stainless untuk menyimpan atau menggantung gelas-gelas minuman sehingga tampilan area bar menjadi lebih indah dan modern. Selain itu peralatan dapur stainless lain yang perlu ditempatkan di area bar ini adalah kitchen sink stainless atau alat cuci piring atau alat cuci tangan, untuk pekerjaan pembersihan cepat dia area bar.

Storage Area

Cold Storage Area

 

Read 4942 times Last modified on Monday, 25 June 2018 12:17

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.